Sekelompok biksu Budha di Jepang menawarkan cara berbeda mendalami agama. Uniknya, mereka mendekati para pemuda belajar agama Budha melalui musik hip hop dan minuman beralkohol.

Di dekat kuil Kyoouji yang berusia 400 tahun, seorang biksu Kansho Tagai membuka sebuah bar yang menyediakan alkohol dan memasang musik hip hop berisikan ajaran Budha.

Pria yang disapa Mr Happiness memilih membawa pesan-pesan agama Budha pada generasi muda lewat budaya yang sedang tren. Inisiatifnya membuat para anak muda membanjiri kuil tempatnya menyajikan koktail dan alkohol.

“Kita tak bisa menyebarkan agama Budha dengan cara lama. Sebarkan agama Budha dengan bahasa yang dimengerti kaum muda,” katanya seperti dikutip dari stasiun televisi CNN.

Sembari menyajikan minuman, para biksu mengajarkan agama Budha. Rupanya cara ini berhasil menarik perhatian. Kalangan muda banyak yang mengunjungi kuil sekaligus bertanya soal agama.

Perkembangan agama Budha di Jepang mengalami krisis. Ini seperti yang terjadi di seluruh dunia. Setiap tahun sekitar 2.000 kuil di Jepang ditutup.

http://jasadh.wordpress.com