Komisaris Jendral Susno Duadji hadir di studio dengan pakaian atas putih dan celana berwarna coklat, yang dibalut jaket dinas kepolisian, lengkap dengan name tag dan tiga bintangnya. Mengapa ia memilih pakaian itu saat hadir di Kick Andy? “Saya tidak ingin baju saya kembali jadi masalah. Kalau ada yang mempermasalahkan baju dinas, saya sudah pakai jaket dinas. Jika ada yang melarang, saya di dalam sudah pake baju sipil,” ujar Susno diakhiri tawa.

Susno Duadji sosok fenomenal yang melejit dalam beberapa kasus seperti kasus Bank Century, Kasus Cecak Buaya yang berujung pada kasus kriminalisasi KPK, hingga pencopotan jabatannya sebagai Kabareskrim Polri. Kini Susno hanyalah seorang perwira tinggi Polri, non job dan nyaris terlupakan. Misalnya, saat Mabes Polri mengadakan Rapim 8 Februari lalu, Susno tidak lagi diundang. “Itu kan rapat pimpinan bukan rapat pengangguran. Saya kan seorang pengangguran,” ujarnya miris.

Nasib Susno sekarang ini, tak bisa dilepaskan dengan serentetan kasus yang melibatkan namanya. Dalam kasus Bank Century, nama Susno di sebut-sebut terlibat dalam proses pencarian dana milik Budi Sampoerna, salah satu nasabah terbesar Bank Century. Dugaan itu bahkan sempat tersadap oleh KPK. Bicara soal alat sadap, keluarkah sebuah istilah “cecak-buaya” yang kemudian jadi perseteruan seru antara KPK dan kepolisian yang berujung pada penahanan 2 petinggi KPK Bibit – Chandra.

Meski dosanya terlihat banyak, tapi tampaknya bukan hal mudah untuk menggoyang jabatan Susno. Sampai kemudian Tim 8 merekomendasikan pada Polri agar menon aktifkan Susno. Dan Susno pun dicopot dari jabatannya pada akhir November 2009. Tanggal 7 januari lalu, Susno kembali membuat tindakan yang mengejutkan. Dia hadir di persidangan Antasari dan bertindak sebagai saksi dan hadir dengan pakaian dinas Polri.

Tindakan Susno dianggap sebuah perlawanan? Benarkah begitu? Bagaimana ia menjawab berbagai tuduhan? Bagaimana keterlibatannya dalam kasus Rekayasa Kriminalisasi KPK? Mengapa ia berani mengurai soal tim pencari motiv dalam kasus Antasari? Apa dosa-dosa Susno sebagai polisi? Mengapa Susno seakan tak punya rasa takut? Kartu trup apa yang ia miliki sesungguhnya?

Di Kick Andy , Susno menjawab semuanya. kickandy.com

semoga kebenaran segera terungkap….