Anggota Panitia Khusus (Pansus) Century dari Fraksi Golongan Karya (Golkar) Bambang Soesatyo mengajak rakyat Indonesia untuk menyiapkan telur busuk pada 2 Maret 2010. Dengan begitu, rakyat dapat melemparkan telur busuk ke arah mobil-mobil anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang membelot dari putusan akhir sidang paripurna.

“Datanglah pada 2 Maret mendatang ke gedung DPR. Jangan lupa siapkan telur busuk untuk menyambit mobil-mobil anggota partai yang belok kanan,” ujar Bambang saat menghadiri acar diskusi ‘Beranikah Pansus Menuntaskan Centurygate Demi Kebenaran’ di kampus Paramadina, Sabtu (13/2).

Bambang mengaku tidak main-main atas ajakannya tersebut. Ia akan menjamin ajakannya yang ditujukan kepada rakyat Indonesia itu. Ajakan penyambitan setiap mobil anggota partai tersebut untuk mengawal andaikata ada anggota DPR yang kedapatan membelok ke kanan. Gerakan membelok kanan, kata Bambang, tidak mustahil akan terjadi. Pasalnya, dalam detik-detik akhir kasus Century ini terlihat mulai ada berbagai manuver politik. Kegiatan lobi lintas partai sedang berjalan untuk menjaga kekompakan koalisi.

“Saat ini, gerilya-gerilya sedang berjalan. Ada yang ditawari jabatan dan sebagian ditawari sejumlah dana. Tapi, semua ini pada akhirnya akan terlihat pada tanggal 2 Maret mendatang. Siapa saja yang akan membelot,” pungkas Bambang. Dengan tegas dia mengatakan lebih takut menerima sambitan telur busuk dari rakyat daripada ditinggal koalisi. Yang pasti, Golkar tidak akan terpengaruh. Fraksi Golkar tetap memandang langkah Bank Indonesia (BI) menyediakan dana talangan kepada Bank Century senilai Rp 6,7 triliun sebagai langkah yang salah.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Pansus Century dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmad Yani menyambut positif ajakan pelemparan telur busuk itu. PPP akan tetap pada pendiriannya untuk mengikuti perjalanan bola panas Century hingga akhir. PPP akan tetap pada simpulan sementara yang akan didapatkan saat sidang paripurna pada 2 Maret mendatang. republika

wah wah, ntar gag cuma telur busuk ajah yang dilempar, bisa – bisa batu berbicara neh gan…..