Pansus Angket Bank Century DPR telah menyelesaikan investigasi lapangannya di Bank Mutiara, Senayan. Dari keterangan yang didapat dari para nasabah, Pansus berkesimpulan ada pola yang mengarah ke penipuan.

“Kita sepertinya melihat adanya cara atau pola yang diarahkan pada penipuan,” kata Ketua Pansus, Idrus Marham, di Bank Mutiara, Senayan, Jakarta, Senin (15/2/2010).

Idrus mencontohkan, salah satu pola penipuan itu adalah kepemilikan rekening Rp 2 miliar atas nama Kasena, HRD PT Sinar Koperindo. Namun, diketahui dana itu adalah titipan dari atasannya yang juga sesama nasabah Bank Century.

“Dari sini kita dapat pelajari, yang kemudian akan kita hubungkan dengan temuan-temuan tim di daerah. Karena hasil temuan ini akan menentukan kesimpulan akhir nantinya,” kata Idrus.

Jika pola yang mengarah ke penipuan atau konspirasi ini terbukti, kata Idrus, maka Pansus akan memasukkan poin ini ke dalam kesimpulan akhir Pansus.

“Yang kaya gini tidak bisa dibiarkan. Ini harus segera kita clear-kan,” ujarnya.

Untuk empat nasabah yang melakukan penarikan dalam jumlah besar, Idrus menambahkan, pihaknya akan meminta keterangan lebih lanjut kepada tiga di antaranya.

“Makanya tadi kita minta izin pada mereka untuk membuka rekening mereka. Agar kita tahu bagaimana uang-uang itu bisa masuk ke rekening mereka,” katanya. detik

Terkait :

Tempo : Inilah Aliran Dana Century Yang Melalui Akun Facebook..

Peneror Akbar Faisal Kabarnya Adalah Tokoh Publik

Ketika Kekerasan Mulai Mengintai Para Anggota PANSUS

Sekjen PD: Tak Temukan Duit BC ke PD, Ada Kesan Anggota Pansus Depresi